Minggu, 13 Oktober 2019

My Review : Jakcard, MRT & Railink Soehatt


Welcome October! Punya kesempatan balik lagi ke Ibukota, saya mau berbagi cerita sedikit tentang pengalaman menaiki moda transportasi baru yang saya coba selama di Jakarta. Sebelumnya saya mau perkenalkan dulu salah satu Kartu Transportasi yang bisa digunakan untuk area Jakarta yang baru saja saya miliki, namanya Jakcard. Jakcard ini merupakan kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI dan bisa didapatkan di kantor layanan Bank DKI atau loket masuk/ merchant2 partner yang berlogo Jackard (Alfamart/Indomaret).  Beberapa fungsi Jackard selain untuk kartu tap transportasi seperti Trans-Jakarta (busway) dan MRT,  juga bisa digunakan  untuk pembayaran jalur Toll dan tiket masuk/parkir  beberapa tempat wisata area Jakarta yakni Planetarium, Taman Margasatwa Ragunan, Monas, dan Museum Nasional (seni & keramik) serta juga bisa dipakai berbelanja di Alfamart/Indomaret area Jabodetabek. Wew cukup banyak juga ya kartu kecil ini manfaatnya, hehe..
Penampakan kartu Jackard bisa diliat disamping ini.
Kartu Jakcard Space Edition
Awal kenal Jakcard karena saya ingin melihat pertunjukan bintang di Planetarium. Dan peraturannya sekarang untuk pembelian tiket masuk harus menggunakan kartu Jackard, jadi tentu saja donk beli dulu di loketnya kemudian taraaaa.. dapet deh kartu Jackard edisi khusus ruang angkasaa… cakep yak!
Harga kartu perdana Jackard adalah 50k (isi saldo 30k). Dengan satu kartu ini, dalam sehari saya bisa menjelajah ke dua tempat eduwisata Jakarta beserta dengan transportasinya (Planetarium – Ragunan (TMR) by Transjkt),  sungguh murah meriah, dapet senangnya dan praktis.   
Beralih ke MRT (Jakarta Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), akhirnyaa… Indonesia punya MRT jugak, hehe.. disini saya  cukup excited karena ini pertama kalinya naik MRT dinegara sendiri, setelah sebelumnya nyobain di negara orang terlebih dulu, hm, rasanya gimana gituh.. anyway MRT Jakarta resmi beroperasi sejak 01 April 2019 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan rute lainnya.
Malam2 sekitar hampir jam 10, saya dan temen2 nekat saja menjajal MRT dengan stasiun awal di Blok M BCA menuju Lebak Bulus (stasiun terakhir). Harga kartu single trip berkisar 7k-8k (jaminan 15k) bisa dibeli/ direfund pada loket stasiun utama, kartu berlaku untuk penggunaan satu minggu. Selain kartu tap dari stasiun MRT, juga bisa memakai kartu lainnya seperti Jakcard, E-money, Tapcash dan Flazz atau Brizzi.

Stasiun MRT M- BCA
Inside MRT
















Karena sudah larut, jadi kami bebas berfoto ria dilorong dalam MRT yang kosong, hihi.. overall menurut saya MRT di Indonesia hampir sama dengan MRT/kereta cepat dinegara2 lain, hanya mungkin jika ditambah beberapa fasilitas akan lebih baik. Misal, saat di Jepang, pada musim tertentu (spring/winter) baik pagi atau malam hari pemanas didalam MRT tetap dinyalakan jadi penumpang akan merasa lebih hangat saat berada didalam kereta. Lain pula ketika di Bangkok, nyebutnya Skytrain BTS (Bangkok Transit System), karena berada di area terbuka (meliputi titik pusat kota), jadi suasananya tuh lebih ramai, lebih banyak papan iklan berseliweran juga banyak pop up store/kedai camilan/ minuman, ATM, Money charger, bahkan toko kosmetik pun ada di kawasan depan stasiun, tentu itu sangat memanjakan penumpang yang lewat sembari menunggu kereta tiba.     
Terakhir, dari Jakarta menuju ke Bandara Tangerang Soehatt saya menggunakan Railink (KA Bandara)  yang berada di Stasiun KA Bandara Sudirman Baru (BNI City). Untuk memesan tiket bisa datang langsung ke stasiun atau via website resmi Railink atau aplikasi perjalanan umum (traveloka/tiket.com). Harga tiket mulai dari 70k/ person. Jangan lupa untuk yang beli online harus tiba ke stasiun minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk penukaran voucher/ kode pemesanan.
Pertama masuk ke stasiun baru ini, kesannya wah sekali, layaknya di Bandara, hehe.. masih mulus, bersih dan semarak. Sayangnya hal ini tidak sebanding dengan jumlah pengunjung/penumpangnnya, terkesan lebih sepi daripada pengguna Bus DAMRI. Hm masih minimnya peminat Railink ini entah karena faktor harga tiket yang agak mahal atau memang dipikir masih belum efisien jalur pengangkutannya. Padahal kalau naik kereta ini jauh lebih hemat waktu lho jika hendak langsung ke Bandara. Tapi saya yakin sih, seiring berjalannya waktu Railink pasti akan lebih dilirik penumpang jika ada peningkatan fasilitas dan akses stasiunnya diperbanyak.
Railink: stasiun BNI - Bandara
Gak kerasa 50 menit berlalu dan saya akhirnya tiba di Bandara, menyambung Railink saya langsung naik Skytrain menuju Terminal keberangkatan 1B.  
Well, sekian cuap-cuap blog hari ini, semoga bermanfaat, bisa memberikan informasi serta bayangan awal bagi kalian yang hendak mencoba MRT atau Railink. Ciao Jakarta, Salam Traveler!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

One Day Trip Nara

Kali ini cerita tentang Nara City, kota kecil cantik di area Kansai yang bisa dijelajahi satu hari dari Osaka atau Kyoto. Kota yang menjad...