Selasa, 27 November 2018

Sweet Backpacker Phuket & Krabi 2018

Holaa… kali ni saya mau cerita untuk perjalanan liburan saya dan teman kesayangan ke bagian ujung selatan negara Thailand bulan oktober kemarin tepatnya tanggal 14 – 18 Oktober 2018. Nah, mumpung masih seger2 anget diingatan, mending kita cekidot aja ya sharing2 birthday trip kali ini, let Go!

Day 1 Jakarta – Phuket, 14 Oktober 2018

Berawal dari promonya Air Asia, saya mendaptkn tiket CGK-HKT (Phuket) return sebesar 1,5jt dibeli 8 bulan sebelum tanggal keberangkatan…  wew lumayan murce ya, meskipun sebenrnya masih ada yang lebih murah lagi (alhamdulillah, belum hoki) and well, karena saya anak kalimantan jadi nambah lagi sejuta dari dan balik ke Jakarta nya. Short story, akhirnya kami tiba di terminal 2 Bandara Soehatt setelah penerbangan dari kota asal Banjarbaru, first time naik sky train menuju terminal 3, ke counternya pesawat murah meriah sedunia yakni Air Asia. Di terminal 3 ini, kami langsung menuju kiosk self-check in nya Air Asia, masukin Booking number dan print e-ticket, melewati counter dan langsung merayap ke bagian imigrasi. Sengaja skip counter nya biar gak ditimbang, coz dri awal kita udah perkirakan kalo koper yang kita seret sekarang ini beratnya udah lebih dari 7kg... hehe what a shame but karna kita gak mau bayar lebih, jadi kabur duluan deh… (jgn ditiru yak traveler jelata model begini) ๐Ÿ˜…
Riding Sky Train

Setelah total penerbangan 5,5 jam plus transit KLIA, finally mendarat juga kita di Bandara Phuket Int Airport. Waktu itu uda sore, pukul 16.45, anyway jam nya di Phuket itu sama dengan jam di Jakarta. Kami keluar melalui gate samping untuk tarik tunai di ATM lokal (warna ungu, lupa nama bank providernya), tepat bersebelahan dengan Information Center bandara. Saya dan teman sepakat ambil 10.000 baht untuk kami berdua selama 5 hari di Thailand. Kebetulan saya tarik tunai nya pakai Debit CIMB Niaga, karna saya maunya gratis tanpa ada potongan Bank penerbit, eh ndalalah, ternyata ATM CIMB nya udah permanent closed di bandara, hiks,,tapi gak apa, rate nya masih jauh lebih murah kok jika dibanding Debit Bank Indonesia yang lain, kesimpulannya memakai Debit CIMB Niaga hanya dikenai tarif kurs 467 rupiah /baht (cuma beda 3 rupiah kurs saat itu) plus Rp 30,000 dan 220 baht dari bank lokal Thailand, cukup muraah kaan.. lagian kami hanya sekali ambil ini, ga apa dund, dibagi dua juga๐Ÿ˜›๐Ÿ˜™

Lanjut bray, awalnya kami mau ambil bus Airport (sejenis Damri) untuk pergi ke area Phuket Town menuju hotel. Namun karena masih urus sana sini jadi ketinggalan deh. Oya, sebelumnya kami ambil SIM Card dulu yang ada di depan persis Gate utama bandara, pesannya online via Klook.com, fasilitas 3G/4G unlimited, data 3GB aktif buat seminggu, gimana koneksinya? Hm, rekomended banget, kami pakai nya lancar jaya, internetan aman, bisa browsing sepuasnya selama di kota dan pulau kecil, harga kurleb 150 baht. Daaan akhirnya untuk ke Phuket Town dari bandara, kami memilih menggunakan Bus lokal yang ada persis di depan/seberang terminal Bus Airport. Harganya cuma 100 baht/orang, murah sih tapi ya itu, kami naik busnya jam 17.30 nah baru jalan pukul 18.15,huftt cukup lama juga nih ngetemnya๐Ÿ˜ซ .
Perjalanan ke Phuket Town memakan waktu sekitar 1,5 jam, cukup jauh dan cukup sering berhenti2 (maklum namanya jg bus lokal), but kondektur dan keneknya asli ramah banget, waktu saya sebut nama hotel tujuan, bapaknya langsung paham dan sewaktu kami sampai di terminal Bus Phuket Town pun juga ditunjukin arah jalan tercepat menuju hotel. Di Phuket Town kami menginap di TEE PAK DEE Residence, jarak antara hotel dan terminal Bus antar kota deket sekali, sekitar 100 meter saja (untuk review ttg hotel akan diulas belakangan ya), meski hanya nginap satu malam tapi nyaman banget pokoknya ini hotel kece abis. Beberapa penampakan interior hotel (dibawah)

Tee Pak Dee Residence:Twin Bedroom
Tee Pak Dee Residence: Mini Bar
Selesai beberes, istrahat dan mandi, kami bersiap pergi ke Weekend Night Market Phuket Town, kalo dari hotel kesana hanya jalan kaki sekitar 10 menit, pakai google map ya biar gak nyasar. Disana kami memuaskan perut dan kerongkongan yang dahaga sedari tadi siang dengan makan potongan buah jambu, sate kerang & cumi bakar dengan saus asam pedas segar khas Thailand, Iced coffee, es kelapa serut dan nasi kuning ayam goreng bumbu Phuket yang maknyus banget, must try food if you goin’ there. Pas malam itu pula, kebetulan ada pertunjukan Fashion Show kain tenun Thailand (mirip batik) dengan model para ladyboy, hehe gak pake lama saya langsung abadikan lewat video henpon, abisnya gemes beud liat om2 cantik pada beraksi. Pada jam 10.30 malem kami balik lagi ke hotel dengan membawa perut yg sudah terisi, kamera penuh jepretan, beberapa plastik makanan dan kaki yang bengkak karena sudah marathon seharian. Perjalanan hari pertama di tanah Gajah Putih pun telah selesai ^-^

Weekend Night Market Phuket Town
Weekend Night Market
Ongkos Hari 1:
1. Tiket BDJ - CGK pp = Rp 1,030,000
2. Tiket CGK - HKT pp = Rp 1,495,000
3. Tiket bus Bandara - Phuket Town = 100 baht
4. Hotel Tee Pak Dee 1N/person = Rp 137,987 (diskon traveloka/berdua)