Rabu, 21 Februari 2018

Trik Menyiasati Biaya Annual Fee Pada Kartu Kredit

Olaaaa, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya dalam menyiasati pembayaran biaya adminsitrasi tahunan pada kartu kredit atau yang biasa disebut dengan Annual Fee Credit Card. Sebenarnya, masing2 bank penerbit kartu kredit biasanya memiliki standar biaya tersendiri sih untuk setiap jenis kartu kredit yang dikeluarkannya baik yang silver, gold, maupun platinum.

Nah, kebetulan saya memiliki 2 kartu kredit Master SKYZ Mandiri dan Visa Gold mandiri. Untuk kartu utamanya adalah Master Skyz card, yang sering saya pakai dan Visa Gold Mandiri yang tidak pernah saya pakai sama sekali dari 2 tahun pertama awal saya mendapatkan kartu tersebut.
Tibalah kekagetan saya ketika pada tengah pebruari tadi saya mendapatkan double billing credit card dari bank mandiri, yang pertama adalah tagihan bulanan regular Master SKYZ dan yang kedua ternyata tagihan biaya tahunan untuk kartu kredit Visa Gold Mandiri (alamak jang, pikir saya apa pulak ini harus bayar annual fee yang kartunya pun tak pernah saya gunakan)..
Besoknya langsung lah saya telpon call center mandiri yang ada nomor (021) XXX.. (karena nelponnya pake henpon, sayang pulsa, jadi di paketin telpon rumah aje, lebih hemat 2500 perak ) hhhii gak mau rugi bnget yak.. okey lanjut, intinya saya berbicara dgn CS nya, dan disitu saya agak ngeyel dan cukup kesal kenapa bisa2 nya saya ditagihkan annual fee untuk kartu yang gak pernah sama sekali saya aktifkan, padahal kartu Master SKYZ yang sering saya pakai sja gratis Fee Annual..hm there’s something wrong here..
Awalnya si CS menyatakan bahwa meskipun saya akan menutup CC Visa Gold Mandiri yang tidak pernah saya pakai sekalipun itu, ada kalanya nanti biaya tersebut akan dapat berpindah pada kartu SKYZ Mandiri saya yang notabene hingga saat ini masih gratis tiis.. dan kemudian si CS pun mulai menawarkan fee annual gratis kepada saya namun dengan syarat saya harus mengikuti salah satu program mereka yakni melalui program belanja mandiri atau power bill.

Singkat cerita saya pun menyetujui untuk mengikuti program power bill, yakni untuk pembayaran regularbulanan  tagihan listrik/ PLN menggunakan CC Visa Gold Mandiri. Yah saat itu hitung2 dalam hati saya biarlah yang 342ribu ini saya bayar dulu buat setahun, dan tahun depannya saya gak mau lagi bayar yang beginian.. kan lumayan beuud,, saya pun didaftarkan oleh CS dan dijadwalkan 3hari kerja selanjutnya untuk ditelpon lansgung oleh CS Mandiri khusus Penghapusan fee annual.
Hari senin pagi saya dapat telepn dari {021} 14000, ah dalam hati saya beneran ditelpon nih,,hehe saya angkat dan stelah konfirmasi data diri & verifikasi pengajuan, CS ini menjelaskan bahwa tenyata fee annual yang telah ditagihkan bulan pebruari ni tadi akan di creditkan kembali alias di hapuskan dan saya akan mulai ditagihkan pembayaran PLN pada bulan berikutnya. Hehehe yeyee.. Alhamdulillah.. saya girang banget yak, karena saya pikir tadinya saya harus tunggu setahun dan bayar dulu baru bisa ikut program powerbill tetapi ternyata langsung bisa diproses saat itu juga dan tagihannya pun dihilangkan.. hihi alhamdulilah banget dah, save 342 rebu…(bisa buat yang lain)..

Anyway busway, dari cerita tersebut saya belajar bahwa ketika kita tiba2 mendapatkan tagihan tak terduga dari bank penerbit CC, sebaiknya jangan panik dulu apalagi langsung dibayar... Lebih bagusnya kita cari tahu sebelumnya mengapa hal itu bisa terjadi dengan bertanya langsung kepada call center Mandiri ataupun dengan membaca artikel artikel terkait.Saya sendiri sebelum akhirnya menelpon call center mandiri, saya pertama2 browsing2 & mempelajari sedikit apa sebenernya fee annual kartu kredit tersebut. Hal ini sangat membantu kita dalam menentukan langkah apa yang selanjutnya akan kita ambil dan atau bagaimana kita mengatasainya. Kalo masih bisa kita gak keluar duit, kenapa tidak? Yak gak sih,..hehe
Disini juga sebenarnya untuk penggunaan kartu kredit sendiri buat saya hanyalah sebagai alat pembayaran sementara ataupun penggunaan cicilan 0% (no more) dan selebihnya saya sangat menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran yang berujung pada munculnya bunga/interest.
Well, karena saya beberapa kali punya pengalaman tidak menyenangkan ketika saya menggunakan kartu kredit secara langsung, dalam artian ada “biaya lebih” yang harus dibayar setelahnya. Saya pernah dua kali kehilangan henpon, yang mana henpon tersebut sama2 saya bayarkan pakai metode kredit langsung ditempat  (dikenai bunga rate, bukan cicilan 0% ), hm.. miris kan.. bukan mencoba mengaitkn sih, hanya saja ketika saya tau itu dilarang namun saya masih lakukan, pasti ada aja jalannya Allah tunjukkan kalo itu salah dan menjadi pelajaran saya ke depannya..
So everyone who read this blog, thank you so much, and hopefully you can wisely using your own credit card, stay away from RIBA, keep it from any interest or kalau bisa sih ga usah lah ya sama sekali pake kartu2 kreditan… lebih aman dan tenteram nyaman dihati pokoknya, bener deh.
Akhir kalimat, semoga yang  sedikit ini dapat membantu dan juga menjadi berkah ilmu untuk kalian dan saya sendiri. Amiin.

2 komentar:

  1. Thanks for sharing Ur experiences

    BalasHapus
  2. Hmm gitu ya. Jadi annual fee bisa kita hilangkan dengan cara ikut program Power Bill? Kebetulan saya juga punya kartu mandiri gold dan mastercard skyz. Apakah program itu masih berlaku hingga sekarang?

    BalasHapus

One Day Trip Nara

Kali ini cerita tentang Nara City, kota kecil cantik di area Kansai yang bisa dijelajahi satu hari dari Osaka atau Kyoto. Kota yang menjad...