Selasa, 03 November 2015

Turki Trip - Cappadoccia

Uchisar Castle - Redline Tour
Masing2 kota di Turki memiliki highlight place nya sendiri2, Goreme atau terkenal dengan nama Cappadocia merupakan kota kecil yang kaya akan natural park valleynya, berbagai landscape gunung bebatuan alam yang terbentang luas membuat saya terkagum dan tidak berhenti memandangi ciptaan Tuhan ini
Open Goreme Air Museum

selime monastery
Menikmati pemandangan menakjubkan di Goreme lebih mudahnya kita dapat memakai jasa daily tour setempat. Jalur trekking nya tergantung dari jenis daily tour yang diambil. Selama 2 hari disana saya berkesempatan mengambil Redline Tour dan Greenline Tour, keduanya sama- sama memiliki panorama yang indah di setiap stop pointnya. Contohnya pada Greenline tour tempat2 yang dikunjungi seperti Goreme Panorama (panorama kota Goreme dari atas bukit), Underground City (Kota bawah tanah), Ihlara Valley dan makan siang di Belisirma (desa kecil ditepi sungai),
Pasabagi - Redline tour
Selime Monastery (biara terbesar di Cappadocia) dan terakhir mengunjungi Pigeon Valley (lembah/sarang burung dara).Daily Tour Cappadocia ini bisa dipesan lewat hostel tempat menginap atau langsung di travel agent yang ada di Goreme, harganya berkisar 100 – 120 TL (Turkish Lira) atau setara Rp 500,000 (1 Lira = 5,000 rupiah).

Selain dapat menyusuri secara langsung indahnya ala Goreme melalui darat, kita juga bisa menyaksikan landscape tersebut di ketinggian atau diatas udara sambil menikmati hangatnya sunrise pagi hari dengan menaiki Hot Air Balloon. Harga yang ditawarkan lumayan menguras kocek antara 100 – 120 Euro/orang, namun saya rasa harga segitu cukup sebanding dengan pengalaman luar biasa yang akan didapat. Untuk pemesanan Hot Air Ballon ini saya punya pengalaman tidak mengenakkan yang cukup membuat saya menyesal setelahnya.
Awalnya setelah saya mendarat di istanbul dan langsung menuju terminal bus antarkota untuk memesan overnight bus ke Goreme seharga 65 TL (kebetulan saya pakai Nevsehir Bus).
underground city
Ihlara Valley - Greenline Tour
Saat itu juga saya ditawari langsung oleh penjual tiket untuk membeli paket hot air ballon dan Greentour dari mereka dengan harga yang lebih murah. Awalnya saya menolak karena sebelumnya saya pernah baca pada beberapa blog bahwa lebih aman untuk membeli di goreme nya saja. Namun karena penjualnya sangat pintar membujuk akhirnya saya beli juga paket hot air ballon dan greentour untuk keesokan harinya. Waktu itu saya beli paket Hot air ballon seharga 100 USD dan Greentour 100 TL. Besok pagi setelah semalaman tidur di bus saya tiba di terminal Goreme yang disambut gerimis kecil, jadi bertambah dingin udaranya. Saya kemudian dijemput oleh travel agent yang sebelumnya saya pesan di Istanbul untk Greenline tour. Sungguh senang sekali meski diselingi hujan namun tetap bisa meikmati pemandangan indah alam Goreme. Selain itu tentu saya tidak membuang kesempatan berkenalan dengan teman2 sesama tour. Besoknya adalah hari yang ditunggu unuk segera menaiki wisata utama kota ini apalagi kalo bukan Hot air ballon. Jam 5.20 saya sudah dijemput oleh pihak SkyWay Ballon, setelah diantarkan ke tempat tunggu saya sarapan sebentar sambil berkenalan dengan teman dari china. Namun tidak berapa lama saya dipanggil dan diantarkan kembali balik ke hostel. Saya bingung karena tidak dijelaskan apapun tentang itu, tanpa lama akhirnya saya hubungi pihak travel yang di istanbul dengan bantuan staff hotel, dan mereka bilang ternyata saya harusnya ikut dalam periode terbang besok hari. Padahal saya sudah menantikan hari ini, dan pada malam hari seblumnya pun saya sudah memastikan kepada pihak travel kalo hari ini saya bisa terbang karena lusa saya akan ke Konya. Mencoba pasrah dan sehari lagi menunggu besok saya akhirnya ditawari oleh staff hostel yang baik hati untuk menginap dan sarapan gratis karena kesalahan bukan pada saya. Keesokan hari pun datang dan sepertinya memang keberuntungn belum berpihak pada saya karena ternyata seluruh penerbangan Ballon hari itu harus di cancel karena cuaca yang tidak bagus. Saya pun balik ke hostel lagi dan hanya bisa puas dengan foto2 balon terbang yang sebelumnya saya ambil kmarin.